Beberapa Yang Menjadikan Bateray Mobil Cepat Soak


Aki atau baterai mobil memang digunakan sebagai sumber arus untuk seluruh sistem kelistrikan pada mobil. Selain itu, baterai juga dugunakan sebagai penyimpan energi listrik saat terjadi proses pengisian. Peran baterai pada mobil sangatlah penting, dimana baterai berfungsi untuk mensuplai arus listrik pada sistem starter agar mesin dapat dihidupkan.

Bisa dibayangkan bagaimana jika baterai rusak atau tidak punya daya yang cukup untuk pengoperasian sistem starter. Apa harus diengkol? Kan di mobil tidak ada tuas engkol, seperti sepeda motor. Alhasil, jalan satu-satunya adalah mendorong mobil sampai hidup.

Itu adalah salah satu contoh betapa repot dan sulitnya jika sistem kelistrikan pada mobil tidak berfungsi dengan baik.Maka dari itu, perawatan baterai mobil sangat penting dilakukan. Standarnya, pegecekan baterai atau sistem kelistrikan pada mobil dilakukan sebulan sekali.

Kata Herman selaku pemilik bengkel Angkasa Service, perawatan baterai mobil sebenarnya cukup mudah. Jika ada niat tidak memakai mobil dalam jangka waktu lama, sebaiknya terminal postitif atau negatif pada baterai mobil dilepas. Ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting.

"Itu juga bisa memperpanjang umur baterai. Tapi lebih bagus kalau mengganti baterai secara berkala, minimal sebulan sekali lah," katanya kepada MedanBisnis beberapa waktu lalu saat ditemui di Jalan HM. Yamin Medan.

Accu atau baterai, lanjutnya, juga dikenal sebagai akumulator. Sebuah alat yang dapat menyimpan energi, umumnya energi listrik, dalam bentuk energi kimia. Dalam standar Internasional. Setiap satu sel akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt.

Kata dia, Produsen aki pada umumnya merancang produknya, khususnya aki basah, memiliki masa pakai hingga dua tahun. Namun tak jarang konsumen atau pemilik mobil mengeluh aki mobilnya tidak awet atau terlalu cepat soak, kendati baru digunakan 1 tahun.

Dalam dunia otomotif, aki memang merupakan bagian terpenting dari sistem kelistrikan kendaraan. Semua masalah yang berkaitan dengan aki, sudah pasti berawal dari salah satu komponen dalam sistem kelistrikan yang mengalami masalah.

Tidak bisa dipungkiri, sebagian pengguna mobil memang banyak yang mengeluhkan masalah yang sering dialami pada mobilnya, terutama masalah aki mobil yang cepat soak alias tidak awet untuk dipakai.

Aki yang cepat tekor memang paling menjadi masalah, khususunya pada mobil. Akan sangat membikin frustrasi ketika kita berada dalam mobil dan mencoba memutar kunci kontak, ternyata mobil tidak mau dinyalakan atau komponen lain pada mobil tak berfungsi gara-gara aki mengering atau mati.

Padahal aki sangat dibutuhkan sebagai sumber energi listrik bagi mesin maupun perangkat elektronik lain pada mobil. Akan tetapi yang jadi pertanyaan "Kenapa aki baru juga bisa cepat tekor, padahal seharusnya bisa bertahan 2 tahun pada pemakaian normal".

Masalah ini, tambahnya, kemungkinan bisa terjadi karena faktor yang sangat mendasar yakni memang dari bawaan produk akinya yang tidak bagus, atau bisa juga disebabkan oleh banyak faktor penyebab hingga baterai mobil cepat soak.

"Ada banyak kemungkinan yang bisa meyebabkan aki cepat tekor, hingga mobil tidak bisa hidup atau beberapa komponen pada mobil tidak bisa berfungsi dengan baik. Bisa juga disebabkan aki mobil sudah kering atau mati karena tidak bisa lagi menghasilkan energi listrik, makanya mobil tidak bisa di Starter," ungkapnya.

penyebab aki cepat aus, tuturnya, bukan hanya kekurangan cairan dan banyaknya peralatan elektronik yang menyedot setrum semata. Itu hanya beberapa di antara sekian banyak penyebab. Akan tetapi penyebab utama aki cepat rusak bisa dikarenakan telat mengisi air aki, alternator lemah, V-belt bermasalah, penggunaan peranti elektronik yang berlebih, dan hubungan arus pendek listrik.

Isi Air
Fungsi air aki adalah menjadi pengantar arus listrik yang dipasok oleh alternator ke sel-sel aki. Oleh karena itu, bila sel tidak terendam air, maka proses pengisian arus listrik tidak akan maksimal. Ada dua penyebab air aki cepat berkurang. Pertama, karena pengemudi terlalu sering menginjak pedal gas dalam-dalam. Kedua, disebabkan suhu di kap mesin yang terlampau panas.

"Saat pedal gas diinjak dalam-dalam, saat itu lah proses pengisian arus listrik dari alternator deras mengalir. Makanya sangat disarankan kepada pemilik mobil untuk mengisi air akinya, minimal sebulan sekali," ucapnya lagi.

Ternyata banyaknya perangkat elektronik di mobil dapat menyedot banyak arus listrik. Bila tidak diimbangi oleh pasokan arus listrik dari alternator ke aki, maka aki akan cepat rusak meski menggunakan peranti pembangkit listrik tambahan. Soalnya sumber arus listrik tetap melalui alternator yang sama, sedangkan alternator sendiri memiliki batas maksimal tertentu sesuai dengan rancangan pabrikannya.

"Pemasangan perangkat elektronil di luar batas ketentuan yang ditentukan oleh pabrikan mobil akan mempengaruhi umur aki. Sebab pemakaian beban yang berlebih akan membuat aki menjadi tekor, karena setrum yang dibutuhkan tidak sesuai dengan setrum yang dikeluarkan. Secara otomatis aki akan bersusah payah menyuplai lebih banyak listrik ke bagian yang membutuhkan listrik yang tinggi," pungkasnya.

Jika memang menginginkan penambahan audio di dalam mobil, sarannya, maka sebaiknya mengganti ukuran api mobil standar pabrik ke aki mobil dengan Amper yang lebih besar agar kerja aki dapat maksimal.

Herman menambahkan, ada beberapa faktor paling umum yang menyebabkan aki mobil mati atau kering, yakni karena terlalu banyak mengemudi jarak pendek, suhu ekstrim, gadget listrik, serta korosi dan usia.

Jika hal tersebut terjadi, pemilik kendaraan hanya perlu me-recharge atau mengisi tegangan listrik aki mobil. "Caranya antara lain adalah dengan 'jump start', yakni menghubungkan aki mobil kita dengan aki mobil lain, atau me-recharge aki yang mati dengan charger portable yang mudah diperoleh di berbagai toko perlengkapan otomotif," pungkasnya.

Sedangkan faktor pendukung aki cepat soak karena ada komponen yang menyedot kelistrikan saat mobil tidak digunakan, kemungkinan disebabkan diode dinamo ampere sudah jebol sehingga arus dapat mengalir dari aki ke dinamo saat mesin mati, atau ada komponen yang salah pasang.
disarikan dari info di http://www.medanbisnisdaily.com/


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger