Tips Mengoptimalkan Pengapian Pada BUSI

Komponen penting dalam dunia otomotif adalah busi. Alat kecil yang cukup vital fungsinya dan menghasilkan kilatan api listrik di dalam ruang pembakaran. Kilatan api listrik pada busi di hasilkan oleh step up tegangan pada coil yang menghasilakan ribuan volt.


Hampir 90% gangguan mesin yang disebabkan oleh busi, dikarenakan kotor oleh endapan karbon ( carbon fouling ), kotor oleh endapan oli (olie fouling) dan kotor oleh endapan timah hitam ( lead fouling). Penyebab keadaan terjadinya carbon fouling adalah:

  • Kesalahan pemakayan nomor tingkat panas busi. 
  • Pemakaian bahan bakar berlebihan ( karburator banjir, penyetelan karburator terlalu kaya, cuk tidak sempurna pada posisi off. atau saringan udara karburator tersumbat ). 
  • Bahan bakar tidak baik mutunya. 
  • Terlalu lama dipakai pada kecepatan rendah. 
  • Pembakaran oleh busi telat.

Ada cara sederhana dan sangat mudah dalam meningkatkan pengapian busi, tapi sebelumnya simak teori dasar ilmu listrik sebagai berikut:

"semakin panjang suatu penghantar listrik maka nilai resistansinya semakin besar."

Arus dan tegangan listrik yang di hasilkan oleh coil menuju busi di hantarkan oleh kabel busi. kabel busi memiliki inti penghantar kelistrikan dari bahan logam campuran tertentu yang di rancang untuk mampu dan kuat terhadap tegangan yang cukup tinggi dan tidak mudah putus. Namun bila kita ukur dengan AVO meter untuk diameter inti kawat yang sama dengan kabel tembaga ternyata memiliki nilai resistansi yang lebih besar.

Tentu saja nilai resistansi sangat mempengaruhi aliran listrik, semakin besar nilai resistansinya maka hambatan arus listrik menjadi semakin besar. Dengan teori ilmu listrik di atas maka kita bisa menurunkan nilai resistansi pada kabel busi denga cara memotong atau memperpendeknya. sehingga aliran arus listrik dari coil menuju ke busi tidak mendapatkan nilai resistansi yang besar dari kabel busi yang terlalu panjang.

Sebelum anda melakukan pemotongan dan memperpendek jarak kabel busi, ukur terlebih dulu jarak yang pas dan tetap memudahan kita dalam pemasangan ataupun pencopotan kabel busi tersebut. Iris menggunakan cutter isolasi kabelnya lalu potong inti kawatnya menggunakan Tang.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger