CARA MERAWAT RE TROMOL MOBIL

Artikel Lainnya di Blog Otomotiv 


Memiliki mobil berarti memiliki tanggung jawab untuk merawatnya supaya awet dan aman untuk dikendarai, dan rem adalah alat pengaman nomor satu pada setiap kendaraan. Kali ini saya ingin membahas tentang merawat rem tromol mobil agar selalu aman saat di kendarai.

Langsung saja kita share cara merawat rem tromol secara teratur atau berkala, namun anda harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa peralatan yg akan di gunakan.

Peralatan:
1. Kunci roda
2. Obeng min
3. Ampelas kasar
4. Gemuk
5. Dongkrak
6. Stand/penahan beban
7. Baut 12 dan kunci shok 12 untuk membuka tromol yg keras


Langkah-langkah:
  1. Dongkrak mobil jangan terlalu rendah (posisikan dongkrak di tempat yg benar sebelum memompa dongkrak)
  2. Pasanglah stand sebagai penopang
  3. Kendorkan dongkrak supaya beban berpindah ke stand
  4. Lepas roda yang akan di servis menggunakan kunci roda.
  5. Lepas cover rem/tromol rem. Anda bisa langsung melepas tromol rem bila pemasangan tromol kendor, tapi apabila anda kesulitan gunakan baut 12 utk melepasnya, yaitu dg cara memasukan baut pada lubang pelepas .
  6. Jika cover sudah terlepas, gunakan ampelas kasar untuk membersihkan bagian dalam cover, kanvas rem, dan bagian yg bersinggungan lainnya.
  7. Semprot rem dg angin tekanan tinggi untuk membersihkan bekas-bekas pengampelasan.
  8. Berikan gemuk pada belakang sepatu rem(jangan sampai terkena tromol dan kanvas rem)
  9. Nah untuk menyetel rem, gunakan obeng min. Putar penyetel rem ke bawah 2x atau keatas (pastikan penyetel berbunyi saat di putar) pasang tromol dan putar ke kiri /kanan dan coba lepas kembali. Jika msh terasa kendor setel kembali rem sedikit demi sedikit sampai tromol terasa agak keras saat di lepas.
  10. Pasang kembali roda supaya mobil dapat berjalan.
Demikian pengalaman saya menyervis rem tromol saat saya magang di salah satu bengkel besar di ibu kota. Silakan mencoba pada mobil anda, dari pada harus mengeluarkan biaya untuk membayar bengkel.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger