klep atau katup yang dalam bahasa inggrisnya (valve)adalah komponen terpenting dalam sebuah kendaraan.klep berada pada kepala silinder.pada setiap kendaraan yg berbentuk seperti payung,klep terbagi menjadi 2 kerja:kesatu klep masuk,kedua klep buang.klep masuk fungsinya untuk memasukan campuran udara dan bensin yang sudah berbentuk kabut kedalam silinder mesin.
sedangkan klep buang adalah klep yg berfungsi untuk membuang gas hasil pembakaran setelah piston melakukan kompresi.setiap kendaraan memiliki jumlah katup yg berbeda beda.pada mobil mobil kecil jaman jepang thn 80 an biasanya jumlah klep pada setiap silindernya ada 3 klep.namun,pada mobil buatan sekarang telah mengadopsi 4 klep pada setiap silindernya.hal ini dilakukan untuk mempertinggi efisiensi volumetrik.sehingga femamfaatan bbm dapat lebih efektif.dan daya yang dihasilkanpun semakin besar untuk mesin bersilinder sama.sehingga bila suatu mesin memiliki 4 silinder maka jumlah klep masuk dan buang berjumlah 16.katup biasanya terbuat dari bahan yang tahan panas dan karat(stainless steel). saat sedang melakukan kompresi,klep berpungsi menutup lubang atau saluran pada silinder.pada saat pembakaran berakhir,klep buang segera membuka untuk mengalirkan gas sisa hasil pembakaran exhaust manifold.setelah proses pembuangan selesai maka piston akan melakukan langkah isap dan klep isap pun membuka untuk memasukan campuran udara dan bensin yg sudah mengabut menuju silinder mesin.setiap katup dari sebuah silinder melakukan gerakan membuka dan menutup satu kali untuk setiap dua putaran poros engkol(crank shaft) pada mesin berkontruksi klep samping katup katup ini digerakan oleh penekan katup digerakan oleh bos.
sedangkan pada mesin yg menerapkan sistem katup diatas(sohc/dohc).penekan katup dan batang penekan katup.setelah diangkat sehingga terlepas dari tempat dudukannya.katup katup ini dikembalikan pada posisi semula oleh sebuah pegas.pada saat membuka katup katup itu akan terangkat dari dudukannya antara 5/16-3/8 inchi.selain itu kerja katup bisa dikatakan berat seperti,jika mesin berputar 7500 rpm,katup membuka dan menutup lebih dari 60 kali /detik.jika mesin digenjot sampai 10.000 rpm,katup dipaksa membuka dan menutup hingga lebih dari 80 kaki/detik suhu katup bisa mencapai 700 derajat celciu
info ini disarikan dari : http://www.seputarduniamekanik.com