PERTANDA KALAU MASTER REM MOBIL SUDAH BERMASALAH

Artikel Lainnya di Blog Otomotiv 


REM adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda menjadi lambat, secara otomatis gerak kendaraanmenjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan. Pada rem regeneratif, sebagian energi ini juga dapat dipulihkan dan disimpan dalam rodagila (flywheel), kapasitor, atau diubah menjadi arus bolak balik oleh suatu alternator, selanjutnya dilalukan melalui suatu penyearah (rectifier) dan disimpan dalam baterai untuk penggunaan lain.

Energi kinetik meningkat sebanyak pangkat dua kecepatan (E = ½m·v2). Ini berarti bahwa jika kecepatan suatu kendaraan meningkat dua kali, ia memiliki empat kali lebih banyak energi. Rem harus membuang empat kali lebih banyak energi untuk menghentikannya dan konsekuensinya, jarak yang dibutuhkan untuk pengereman juga empat kali lebih jauh.

Sistem rem dalam teknik otomotif adalah suatu sistem yang berfungsi untuk :
  • Mengurangi kecepatan kendaraan.
  • Menghentikan kendaraan yang sedang berjalan.
  • Menjaga agar kendaraan tetap berhenti.

Komponen utama dalam sistem rem terdiri dari :
  • Pedal rem atau tuas rem.
  • Penguat (BOOSTER REM).
  • Silinder master (MASTER CYLINDER /MASTER REM MOBIL).
  • Saluran pengereman atau kabel (lines).
  • Rem drum ( Tromol rem ) atau rem cakram ( Discbrake).

Sistem rem anti terkunci atau ANTI-LOCK BRAKING SISTEM (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda rem mobil ketika terjadi pengereman mendadak/keras.

Sistem ini bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston remuntuk mengendurkan tekanan, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif.( wikipedia)

TANDA TANDA MASTER REM MULAI BERMASALAH :
  • Minyak rem pada tabung master rem sering menyusut
  • Injakan pedal rem kalau kita injak pada tekanan tetap, perlahan-lahan turun semakin dalam
  • Injakan rem harus di injak berulang-ulang ( NGOCOK), mobil baru bisa berhenti
  • Injakan rem sangat dalam, dan pengereman kurang pakem ( NGEMPOS )
  • Piston rem pada kaliper rem dan piston wheel ciylinder belakang sering telat/ lambat balikkarena tekanan minyak master rem kecil

- Asap knalpot berwarna putih ( bukan putih karena ring seher/seal klep ) karena kit master bocor dan minyak rem masuk ke booster dan ikut terbakar..




Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger