TIPS MEMBELI MOBIL BEKAS MATIK




Beberapa tips untuk membeli mobil bekas matik yang bisa dijalankan untuk mengetahui kondisi transmisi matik mobil yang Anda incar. Pertama tentu minta kesempatan test drive mobil matik yang Anda incar. Bila kesempatannya di dapat, perhatikan beberapa hal ringan berikut.


Untuk langkah awal hidupkan mesin mobil Anda. Tidak usah pakai AC. Saat Anda nyalakan dengar dengan seksama suara mesin mobil incaran Anda.

"Bila ada suara 'nging' yang tidak lazim, sangat mungkin umur transmisi itu tidak akan lama lagi. Pertimbangkan itu sebelum membeli mobil itu," jelas teknisi Exclusive Auto Garage, Haerul Hazmi.

Itu baru penelitian pertama. Setelah suara mesin sudah anda teliti, mulai pindahkan tuas dari mode Parking (P) ke Netral (N).

"Ketika pindahin tuas dari P ke N kan akan lewat modus R. Perhatikan, apakah mobil menghentak dengan tidak lazim. Kalau menghentak dan ada bunyi 'jedak' yang tidak lazim, besar kemungkinan transmisi matiknya mudah bermasalah," bebernya.

Setelah itu pindahkan kembali tuas transmisi mobil incaran anda itu dari posisi Netral (N) ke posisi Drive (D). Kembali perhatikan apakah ada hentakan yang tidak lazim atau bunyi jedak yang juga tidak biasa.

Karena menurut Hazmi, bila ada hentakan tidak lazim dan bunyi jedak ketika kita mulai memindahkan tuas transmisi dari N ke D, kondisi transmisi menurutnya sudah rentan masalah.

"Bila ketika ciri-ciri ringan tadi Anda temui di mobil matik incaran. Pikirkan ulang untuk membeli mobil itu. Dan kalau masih belum yakin, bawa mobil itu ke bengkel kepercayaan Anda untuk dicek kondisi transmisinya," pungkas Hazmi.
sumber : oto.detik.com



Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger