TAHAP PEMBONGKARAN DALAM PENGECATAN MOBIL


TAHAP PEMBONGKARAN DALAM PENGECATAN MOBIL


Anda harus memahami bahwa pengecatan mobil mempunyai tahapan - tahapan yang banyak.
Apabila anda mengkombinasikan tahapan pengecatan mobil ini akan menghasilkan kualitas hasil pengecatan yang bagus, sempurna, halus dan terstruktur, daya rekat yang baik dan juga tahan lama.

Hasil pengecatan sangat dipengaruhi pada hasil tahapan yang telah dikerjakan sebelumnya.

Anda harus MEMASTIKAN menyelesaikan tiap tahapan pengecatan sebaik mungkin yang anda bisa lakukan. Apabila anda melakukan suatu kesalahan dalam pengecatan mobil, janganlah di abaikan, ulangi dan lakukan perbaikan.

Janganlah terburu buru pada tiap tahap pengecatan, selalu tanamkan tujuan yang kuat untuk menghasilkan sebuah maha karya. Hasil pengecatan yang profesional akan selalu awet & membanggakan kita bertahun - tahun lamanya.

Tahap Persiapan Pengecatan Pertama adalah :

Hal-hal yang termasuk dalam persiapan bidang yang siap untuk diaplikasikan cat :


  • Pembongkaran Bagian - Bagian 
  • Membersihkan Cat Lama dan Karat
  • Pengaplikasian Primer 
  • Pengamplasan Terakhir
  • Membersihkan Permukaan dengan Grease Remover dan Penggunaan Tack Cloths
Tukang Cat berpengalaman selalu dapat membedakan apakah mobil tersebut sudah pernah dicat ulang sebelumnya. Selalu menjadi dambaan setiap tukang cat apabila hasil pengecatan mereka tidak mudah di deteksi, bahwa mobil hasil pengecatan mereka kelihatan tidak pernah dicat sebelumnya ( cat kelihatan masih original ).

Sedikit saja partikel yang tidak rata yang biasanya terdapat pada lekukan pintu kaca atau bagian yang terekspose akan mudah diketahui apabila mobil tersebut sudah pernah di repaint sebelumnya. Dengan cara melihat jarak dekat guratan amplas juga dapat mengindikasikan apabila mobil tersebut sudah tidak original lagi catnya.

Calon Pembeli Mobil akan curiga bahwa mobil tersebut kemungkinan pernah mengalami kecelakaan sebelumnya dan pernah di perbaiki. Apabila hal ini terjadi maka calon pembeli mobil tersebut tidak akan merasa tertarik lagi untuk membeli.

Untuk memastikan bahwa tidak ada partikel yang semburat ( overspray ) yang terakumulasi pada aksesoris kendaraan dan lekukanya, maka lebih baik mulai melakukan proses pengupasan bagian atau pengulangan proses pengecatan.

Hal ini juga termasuk seperti pemindahan bagian besar seperti pencopotan bemper yang harus di cat terpisah dan kemudian di pasang kembali setelah body mobilnya selesai dicat ulang kembali.

Hal ini dilakukan supaya mempermudah proses pengecatan pada body, dan untuk mencegah terjadinya hasil cat overspray pada pinggir dan lekukan yang sulit dicat.

Untuk accessories yang anda tidak tahu bagaimana caranya mencopot bertanyalah pada toko variasi mobil. Janganlah mengambil resiko dengan cara merusak bagian apabila tersedia bantuan bagaimana cara mengatasi kesulitan.

Anda juga dapat mencari informasi yang anda butuhkan dari buku panduan reparasi manual tentang cara dan model mobil yang sedang anda kerjakan. Seharusnya anda bisa mendapatkan informasi mengenai ini untuk mobil keluaran terbaru dari dealer resminya. 

Anda seharusnya juga mudah menemukan buku panduan dari toko accessories atau toko otomotif yang berada di sekitar wilayah anda. Apabila tidak ada cari dengan browsing dan download dari internet.

Sebelum anda membeli, telitilah dahulu bahwa yang anda beli spesifikasinya sesuai dengan yang anda butuhkan. Buku Manual Referensi ini sangatlah penting membantu anda apabila suatu saat anda mengalami masalah pada mobil yang sedang anda kerjakan dan mempunyai spesifikasi yang sama.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan faedah pada tahapan membongkar bagian accessories dan suku cadang mobil ini. Tahapan ini lebih cepat prosesnya daripada masking tape (pengisolasian dengan perekat dan koran bekas). Bagaimanapun juga janganlah juga terburu-buru pengerjaanya. Milikilah juga kesiapan mental anda untuk melakukan pembongkaran dan menyimpan masing masing item bagian yang dicopot.

apabila anda mempunyai kotak yang besar akan sangat membantu untuk menempatkan bagian-bagian yang dibongkar dan memberinya label satu persatu bagian yang mana. Masukan lagi mur,baut, dan sekrup pada tiap bagian dimana tempatnya berada, sehingga anda tahu persis dimana letaknya satu persatu pada saat anda memasang kembali bagian tersebut. Masuk kan clip-clip atau bagian kecil lainya pada plastik kecil dan ikat yang kencang, kemudian simpan pada bagian dimana item tersebut berada sebelumnya.
info ini kamisarikan dari : www.tokocatmobil5.web.id



Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger