TEKNIK MENGHILANGKAN CAT LAMA PADA MOBIL

Cara-cara mengelotok dempul pada tukang cat mobil bisa kita kelompokkan dalam berbagai tehnik seperti:

  • Teknik bakar menghilangkan cat lama
    • Tehnik ini biasanya tehnik yang paling banyak dikerjakan oleh tukang cat mobil, selain cepat tehnik ini akan memakan waktu yang relatif singkat bila dibandingkan dengan tehnik lainnya.
      Cara membakarnya pun ada beberapa cara seperti membakar dempul dengan las karbit (ini yang sering dan paling banyak dilakukan atau membakar dengan alat khusus dengan sumber api dari gas elpiji.
      Kelemahan tehnik ini kita akan banyak menggunakan kentengsehingga akan memakan waktu yang lama. Disamping itu juga kekurangan tehnik menghilangkan dempul dengan dibakar akan mengakibatkan pelat besi akan semakin kurang lentur, maka dari itu tehnik ini sekarang jarang sekali kita gunakan.

  • Teknik gerinda hilangkan cat lama
    • Atau bisa kita sebut menggunakan gerinda, cara menghilangkan dempul dengan gerinda masih sering kita gunakan pada proses pengelotokkan dempul yang hanya untuk pada area tertentu saja. Untuk kelotok dempul seluruh bodi cara ini kurang efektif karena disamping memakan waktu lama juga akan menemui kesulitan pada area tertentu misalnya pada bagian lekukan-lekukan pelat bodi dan pada sudut-sudut yang sulit sehingga pada pengelotokkan dempul dengan tehnik gerinda kita kombiasikan dengan tehnik manual lainnya seperti pengampelasan secara kasar untuk menjangkau area-area tertentu yang sulit dijangkau menggunakan gerinda.

  • Teknik menggunakan cairan kimia (remover)
    • Tehnik ini yang sekarang banyak digunakan oleh hampir semua tempat usaha bengkel cat. Pada tehnik ini kita hanya mengoleskan saja cairan kimia (remover)keseluruh bodi kemudian tunggu beberapa menit, setelah beberapa menit kemudian kita congkel dempul yang sudah kita lumuri dengan remover saja. Proses ini memakan waktu yang cepat dan praktis karena pelat bodi akan aman karena tidak ada proses pemanasan maupun mengunakan gerinda yang kemungkinan sekali bisa mengenai pelat bodi aslinya.
    • Kekurangan tehnik pengelotokan dengan cara ini hampir tidak ada, cuma memerlukan biaya yang lebih sedikit dan hati-hati penggunakan cairan remover ini jangan sampai kena kulit anda karena cairan ini sangat keras.

  • Teknik manual
    • Tehnik ini melengkapi dari semua cara yang sudah kami sebutkan diatas karena cara manual menghilangkan dempul tetap masih digunakan untuk memastikan bahwa dempul benar-benar bersih dan hanya meninggalkan pelat besinya saja.
info ini kami sarikan dari : http://www.mobil-klasikantik.com/


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger