Mobil Susah Start Belum Tentu Aki Soak

Mobil Susah Start Belum Tentu Aki Soak

BANYAK pengemudi kendaraan yang mungkin tidak sadar bahwa banyak standar perawatan kendaraan yang bisa dilakukan sendiri, ketimbang membayar montir. Yang dibutuhkan adalah beberapa informasi dasar dan peralatan serta meluangkan waktu. 

Dengan melakukan perawatan sederhana, Anda dapat menghemat biaya operasional kendaraan. Dan salah satu area yang membutuhkan pemeriksaan rutin adalah aki kendaraan, mulai dari memeriksa hubungan terminal aki yang kadang terganggu akibat korosi. 

Sedikit saja ada residu yang mengganggu hubungan kelistrikan, maka kendaraan sulit dihidupkan. Kontak kelistrikan yang tidak sempurna ini dapat mempercepat timbulnya panas di antara bidang kontak yang tidak mustahil memicu kebakaran. 

Pada situasi ini para pengemudi biasanya menganggap aki sudah soak kemudian memanggil montir untuk memeriksanya. Padahal masalah itu hanya disebabkan adanya kotoran pada terminal aki. 

Sebenarnya, masalah ini dapat Anda tuntaskan tanpa perlu memanggil montir yang hanya akan menimbulkan biaya tambahan dalam perawatan. Selain itu banyak sekali produk di pasaran yang mampu menghilangkan dan mencegah terjadinya residu tersebut yang pengaplikasiannya bisa dilakukan sendiri di garasi Anda. 

Atau jika dalam keadaan darurat, Anda dapat membersihkannya menggunakan air mendidih untuk mengusir residu yang mengganggu aliran listrik aki. 

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah melepas terminal-terminal kabel aki karena kita tidak akan bisa membersihkan bidang kontak jika dalam kondisi terpasang. Gunakan kunci-kunci yang sesuai ukuran untuk melepaskan baut pengikat terminal aki. 

Lepaskan terminal negatif terlebih dahulu, baru kemudian terminal positif. Setelah itu bersihkan terminal aki dengan ciran pembersih atau siram dengan air mendidih secara perlahan dan bertahap. 

Setelah itu gunakan sikat kawat untuk membersihkan sisa-sisa residu yang sulit dihilangkan. Jangan lupa juga bersihkan terminal kabel aki, khususnya yang langsung menjadi bidang kontak pada terminal aki. 

Setelah bersih pasang kembali kabel-kabel yang dimulai dengan menyambung kabel positif ke terminal aki. Kencangkan baut-bautnya hingga benar-benar sempurna. Lanjutkan proses yang sama pada kabel negatif. 

Dan jangan lupa memeriksa cairan aki dan menjaganya pada level yang dianjurkan. 


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © AUTOMOTIF INFO | Powered by Blogger