Sedan Fiesta "Facelift" Ganti Mesin Menjadi Lebih Kecil
Dalam beberapa kesempatan, sedan Fiesta "facelift" yang masih terselubung tertangkap kamera sedang uji jalan. Kali ini, terkuak juga sosok asli produk yang akan diperkenalkan Ford pada musim panas ini atau paling lambat akhir 2012, meski hasil rendering.
Jika disimak dari tampilan bodi, tak ada perubahan yang signifikan. Kecuali gril dan air dam bertukar tempat dari varian sebelumnya, dan trik ini juga dilakukan pada Focus. Kini, celah gril berukuran lebar model segi enam sementara air dam lebih kecil. Sementara letak logo berpindah dari tengah ke bagian atas gril. Rumah lampu kabut yang sedianya bulat menjadi kotak dengan ukuran yang juga lebar.
Perubahan ekstrem justru terjadi pada mesin yang mengusung teknologi EcoBoost dan diklaim lebih effisien. Mesin baru ini menggunakan tipe 3 silinder, 1.0-liter dilengkapi turbo dengan dua pilihan daya, yakni ada 100 PS dan 123 PS. Sedangkan jantung pacu lama 4 silinder 1.4-liter dan 1.6-liter dengan daya 95 PS dan 118 PS. Ford juga berencana meluncurkan mesin tanpa turbo (normally aspirated) dengan tenaga 80 PS.
Model 2013 ini untuk konsumen di Amerika dan dinilai memang sudah waktunya keluar sejak pihaknya memperkenalkan pertama kali pada 2008 di pasar Eropa. Meski di AS sendiri sedan Fiesta baru berusia 2 tahun. Sementara Indonesia tergolong paling akhir karena baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu, bahkan media baru mencobanya akhir Mei lalu.